• PENGUMUMAN

    Kebijakan Layanan Tuweb UT dalam Situasi Covid-19

    Sehubungan dengan adanya Wabah Corona Virus Disease (Covid-19), seluruh mahasiswa Universitas Terbuka Jayapura  mengikuti Tutorial Webinar (Tuweb) dengan menggunakan aplikasi Teams yang sudah dimulai pada tanggal 13 April 2020.

    Memperhatikan Surat Edaran Rektor Universitas Terbuka Nomor 12721/UN31/KP.11.00/2020 Tanggal 13 Maret 2020 tentang Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) dan Nomor 14973/UN31.WR.1/PK02.03/2020 Tanggal 7 April2020 tentang Kebijakan Layanan Akademik UT dalam Situasi Covid-19, adanya perubahan kebijakan layanan akademik Program Diploma dan Sarjana pada Semester 2019/20.2 (2020.1).

    Adapun informasi yang bisa didapatkan dari kebijakan tersebut yaitu Tutorial Tatap Muka (TTM) bagi mahasiswa Sistem Paket Semester atau Sipas (Sipas Penuh, Sipas Plus, maupun Sipas Semi) dan TTM-Atpem dilakukan dengan menggunakan modus Tutorial Webinar (Tuweb) yaitu aplikasi web meeting (Microsoft Teams) dan WhatsApp Group (WAG). Tutorial Webinar (Tuweb) tersebut merupakan modus tutorial yang bersifat sinkronus (pada saat bersamaan) dan non-contiguous (tidak berdampingan), di mana interaksi antara tutor – mahasiswa dan mahasiswa - mahasiswa dilakukan secara tatap muka di ruang/tempat yang berbeda-beda dengan menggunakan PC/Laptop atau HP.

    Isi kebijakan tersebut juga menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan Praktik/Praktikum ditangguhkan pada semester depan apabila kegiatan tersebut harus dilaksanakan di lab, melibatkan banyak orang/pihak atau tidak dapat dilakukan secara mandiri. Sebaliknya, jika kegiatan Praktik/Praktikum suatu mata kuliah dapat dilakukan secara mandiri dan tidak melibatkan banyak orang, maka kegiatan Praktik/Praktikum mata kuliah tetap dilangsungkan pada semester ini.

    Kemudian tentang penyelenggaraan Ujian Akhir Semester (UAS), pada semester ini (2019/20.2) UAS ditiadakan. Maka, nilai akhir mata kuliah sepenuhnya bersumber dari nilai tutorial, yang terdiri atas nilai kehadiran, keaktifan dalam diskusi, serta Tugas Tutorial (TT) ke-1, 2, dan 3, bagi mahasiswa yang telah meregistrasi/mengikuti Tutorial (Tuton atau TTTM/Tuweb) dan Nilai Tugas Mata Kuliah (TMK) yang terdiri atas TMK-1, TMK-2, dan TMK-3, bagi mahasiswa yang tidak meregistrasi tutorial (Tuton atau TTM/Tuweb) dan kegiatan belajar sepenuhnya dilakukan secara mandiri.

    Adapun beberapa kendala mahasiswa UPBJJ-UT Jayapura yaitu susah sinyal  yang menjadi hambatan mahasiswa dalam mengakses modul perkuliahan, serta beberapa alat elektronik yang mengharuskan terhubung dengan listrik, jika terjadi mati listrik mahasiswa kesulitan untuk melakukan presensi. Seperti yang terjadi di Pokjar Boven Digoel, Mappi, Edera, Serui, Yahukimo, Oksibil, dan Asmat, mereka tidak dapat melaksanakan Tuweb karena terhalang oleh sinyal di daerah mereka.

    Bagikan :

    Artikel Lainya..