• PENGUMUMAN

    OSMB & PKBJJ UPBJJ-UT Jayapura Masa 2020.1

    Universitas Terbuka Jayapura melaksanakan kegiatan OSMB (Orientasi Studi Mahasiswa Baru) dan PKBJJ (Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh) program studi Diploma dan Sarjana Masa Registrasi 2020.1 yang bertempat di ruang tutorial UPBJJ-UT Jayapura pada hari Sabtu, 22/02/2020.

    Sebanyak 68 mahasiswa yang mengikuti kegiatan OSMB dan PKBJJ tersebut. Kegiatan ini merupakan kegiatan WAJIB untuk seluruh mahasiswa baru dengan tujuan agar mahasiswa mendapatkan sertifikat yang merupakan salah satu syarat kelulusan dan agar mahasiswa lebih mengenal dan memahami lingkungan UT sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya.

    Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan sambutan dan penyematan jas almamater oleh Direktur UPBJJ-UT Jayapura Drs. Mujadi, M.Pd. Dalam sambutannya Direktur UT Jayapura menyampaikan “Satu-satunya perguruan tinggi yang memberikan alternatif terbaik untuk yang bekerja dan ingin kuliah adalah Universitas Terbuka, karena UT memberi kesempatan anda untuk mengembangkan diri sebagai manusia yang ingin berkarya dan juga mengembangkan diri dengan meraih pendidikan akademis yang lebih tinggi tanpa mengenal adanya kata terlambat.”

     

    Penyampaian materi oleh Drs. Mujadi, M.Pd salah satunya mengenai belajar mandiri. Sebagai mahasiswa UT, dalam kegiatan belajar dituntut untuk bisa mandiri terutama bagi mereka yang hanya mengikuti tuton. Karena nilai yang nantinya mahasiswa peroleh adalah murni dari usaha belajar mahasiswa itu sendiri, tanpa adanya bantuan dari siapapun. Selain penyampaian materi tentang belajar mandiri juga disampaikan materi mengenai PTBJJ, SBJJ, dan ke “UT”an. Sugiyono, S.IP selaku PJB Regjian menyampaikan materi tentang registrasi dan ujian. Terutama untuk mahasiswa baru yang belum melengkapi data pribadi atau masih dalam bentuk data sementara, harus secepatnya melengkapi data tersebut karena bisa merugikan mahasiswa itu sendiri, salah satu contoh ketika pengumuman nilai ujian, bagi yang masih DS tidak dapat melihat nilai hasil ujian. Dra. Suratni, M.Pd selaku PJB BBLBA menjelaskan tentang tutorial, bahan ajar, praktek/praktikum. Milcha Handayani, SE.MM menyampaikan materi mengenai membuat rencana belajar. Marlina Para’pa, SE mengenai cara tepat membaca dan merekam hasil baca. Dan terakhir materi dari Endang Yuliasih, S.Kom mengenai tutorial online.

    Dengan materi yang sudah disampaikan, diharapkan agar mahasiswa UT yang mengikuti kegiatan OSMB dan PKBJJ untuk ke depannya mempunyai gambaran tentang bagaimana proses kegiatan belajar dan cara belajar yang efektif juga efisien, sehingga bisa lulus sesuai target dan memperoleh nilai yang bagus.

     

    by tim jurnalis & multimedia UT Jayapura

    @2020

     

    Bagikan :

    Artikel Lainya..
    Komentar

    Tambah Komentar (0)

    Batal

    Balas Komentar

    Komentar Berhasil diterbitkan
    Komentar tidak dapat diterbitkan Silakan coba lagi..!
    Alamat email yang anda masukkan salah..!
    Alamat web yang anda masukkan salah..!
    Kode Captcha yang anda masukkan salah...!
    Bidang tidak boleh ada yang kosong....!