• PENGUMUMAN

    PEMBERANTASAN BUTA AKSARA OLEH UNIVERSITAS TERBUKA JAYAPURA

    PEMBERANTASAN BUTA AKSARA

    OLEH UNIVERSITAS TERBUKA JAYAPURA

    Salah satu aspek penentu dalam keberhasilan pembangunan suatu bangsa adalah dilihat dari tingkat keaksaraan penduduknya, yaitu dimana kebutuhan merupakan salah satu indicator untuk menetapkan tingkat pembangunan sumber daya manusia/indek pembangunan Manusia (IPM) atau Human Development Indeks (HDI).

    Sesuai  Visi Kota Jayapura yaitu “terwujud kota jayapura yang beriman, bersatu, sejahtera, mandiri dan modern berbasis kearifan local”, visi ini dapat terwujud dengan salah satu cara melakukan gerakan penuntasan buta aksara di kabupaten Jayapura.

    Penuntasan buta aksara ini perlu melibatkan semua pihak bukan hanya pemerintah akan tetapi semua komponen masyarakat, swasta, LSM, organisasi keagamaan dan organisasi perempuan tergugah untuk bersama-sama menghadapi masalah tuna aksara ini, secara serius karena tuna aksara sangat dekat dengan ketertinggalan, kebodohan, kemiskinan, keterbelakangan dan ketidakberdayaan. Oleh karena itu, upaya penuntasan buta aksara terus di lakukan, sehingga berimbas turunya angka aksara dari tahun ke tahun.

    Dalam rangka mengimplementasikan salah satu Tridharma Dosen perguruan tinggi  yakni unsur Pengabdian pada Masyarakat (Abdimas), maka Universitas Terbuka Jayapura mengadakan kegiatan pemberantasan buta aksara di Kabupaten Jayapura tepatnya di kampung mambramo distrik sentani.

    Bentuk-bentuk kegiatan Pengabdian Masyarakat antara lain yaitu Bakti Sosial dan mengajar. Pada tahun ini kegiatan ABDIMAS dilakukan oleh para Dosen (sebagai Pembimbing), dan sebagian mahasiswa Universitas Terbuka (sebagai Instruktur), bentuk kegiatanya adalah mengajar.  Pelakasanaan kegiatan tersebut terhitung mulai tanggal 06/09/2018 sampai tanggal 12/10/2018 kegiatan ini dilaksanakan setiap satu minggu sekali. Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 40 orang yang terdiri dari 16 anak-anak dan 24 orang dewasa.

    Oleh karena itu, Universitas Terbuka Jayapura sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional yang memiliki kapasitas untuk menjangkau warga di Provinsi Papua dalam hal ini Distrik Sentani Kabupaten Jayapura, untuk bersinergi dengan Dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Jayapura dalam gerakan pemberantasann buta aksara di Kota/kabupaten Jayapura, dengan tujuan menurunkan jumlah penduduk but akasara dan peningkatan taraf hidup masyarakat, melalui keaksaraan fungsional  yaitu peningkatan pengetahuan membaca, menulis dan berhitung.

    __________________________________

    by jurnalis & multimedia UT Jayapura

    @2018

     

    Bagikan :

    Komentar

    Tambah Komentar (0)

    Batal

    Balas Komentar

    Komentar Berhasil diterbitkan
    Komentar tidak dapat diterbitkan Silakan coba lagi..!
    Alamat email yang anda masukkan salah..!
    Alamat web yang anda masukkan salah..!
    Kode Captcha yang anda masukkan salah...!
    Bidang tidak boleh ada yang kosong....!