PENGUMUMAN

Rektor Baru UT di Dies Natalis ke-33

Setelah melalui serangkai proses saringan dan seleksi yang panjang, akhirnya Prof. Drs. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. resmi menjadi Rektor Universitas Terbuka (UT) yang baru, menggantikan Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D. yang telah habis masa jabatannya di periode ke-II. Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir sendiri secara langsung melantik Prof. Ojat di Ruang Rapat Utama Kemristekdikti, Senayan (26/7/2017), pada siang hari dan disaksikan beberapa pejabat terkait. Pelantikan tersebut menandai awal kepemimpinan Prof. Ojat hingga 4 tahun ke depan.

Dilansir dari laman Kemristekdikti, M. Nasir menjelaskan ada tiga kunci utama dalam peningkatan kualitas perguruan tinggi, antara lain kemampuan berinovasi, daya kreativitas, dan entrepreneurship. Selain ketiga faktor tersebut, M. Nasir menekankan bahwa good governance harus menjadi nafas utama terwujud lembaga perguruan tinggi yang sehat. Transparansi, akuntabilitas, dan responsibilitas merupakan inti terwujudnya good governance di lingkungan kampus. Good governance ini merupakan salah satu upaya antisipatif menghindari masalah di kemudian hari. “Jangan sampai stakeholder, jangan sampai yang ada di lingkungan kampus selalu bertanya-tanya terhadap apa yang sudah dilakukan oleh Rektor. Apa yang dilaksanakan oleh manajemen? Untuk itu semua kebijakan, semua keputusan ini harus ditunjukkan kepada publik, kepada para stakeholder,” tegas Nasir mengakhiri amanatnya.

Pelantikan Prof. Ojat sebagai Rektor UT

Semakin ke sini, tantangan yang dihadapi UT tidak semakin ringan, melainkan menjadi semakin berat dan tinggi. Era digital dan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang sedang ‘booming’ beberapa tahun ini, terlebih lagi menjadi tantangan sekaligus kesempatan yang harus dimanfaatkan dalam waktu dekat. Semakin besar pula harapan yang disematkan di pundak Prof. Ojat dalam memimpin UT menjadi universitas yang semakin bermanfaat bagi masyarakat luas.

Dalam pelantikan tersebut, Prof. Ojat didampingi oleh keluarga, rekan-rekannya, serta beberapa pejabat dari UT, termasuk Rektor UT periode sebelumnya Prof. Tian Belawati. Dengan demikian Prof. Ojat menjadi Rektor ke-6 dan menjadi bagian dari sejarah UT yang terhitung telah berdiri selama 33 tahun di 2017 ini. Banyak ucapan selamat berdatangan dari berbagai kalangan, baik secara langsung maupun melalui media sosial yang dikelola UT. Tak sedikit pula yang berharap UT dapat semakin berkembang dan bermanfaat di bawah kepemimpinan yang baru ini.

Bagikan :

Komentar

Tambah Komentar (0)

Batal

Balas Komentar

Komentar Berhasil diterbitkan
Komentar tidak dapat diterbitkan Silakan coba lagi..!
Alamat email yang anda masukkan salah..!
Alamat web yang anda masukkan salah..!
Kode Captcha yang anda masukkan salah...!
Bidang tidak boleh ada yang kosong....!

Statistik Pengunjung
Flag Counter