• PENGUMUMAN

    SEMINAR PPPK UPBJJ-UT JAYAPURA

    PPPK (Pertolongan Pertama pada Kecelakaan) merupakan upaya untuk memberikan pertolongan pertama kepada korban kecelakaan dan kegawatdaruratan dengan cepat dan tepat sebelum korban dibawa ke tempat rujukan (dokter/puskesmas/rumah sakit). Masih banyak mahasiswa yang tidak memahami pentingnya pertolongan pertama untuk kecelakaan kerja. Sementara, potensi kecelakaan kerja merupakan risiko yang harus dihadapi oleh para pekerja.

    Kecelakaan kerja bisa saja terjadi kapan saja, dimana saja dan pada siapa saja ditempat kerja. Untuk mencegah terjadinya hal buruk tersebut, Universitas Terbuka Jayapura bekerja sama dengan RS Dian Harapan menyelenggarakan Seminar Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) di ruang tutorial UPBJJ-UT Jayapura pada Rabu, (13/11/19). Narasumber dalam seminar yaitu dr. Weni Tandirura yang merupakan Dokter umum di RS Dian Harapan dan dihadiri kurang lebih 50 mahasiswa bidikmisi UT Jayapura.

    Seminar ini dibuka oleh Direktur UPBJJ-UT Jayapura Drs. Mujadi, M.Pd. Dalam sambutannya beliau mengatakan seminar ini diadakan dengan harapan dapat membantu mahasiswa dalam memberikan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan. Selain itu juga menambah wawasan mahasiswa dalam penanganan P3K secara tepat, benar dan cepat  di lingkungan kerja sehingga mampu memberikan bantuan penyelamatan jiwa  dan mencegah kecacatan.

    Pada seminar tersebut, narasumber menyampaikan materi tentang pedoman pelaku P3K, apa saja peralatan P3K, pelaksanaan P3K, cara menolong orang yang mengalami luka, cara mengatasi pendarahan akibat luka, dan cara menolong orang yang patah tulang. Narasumber juga meminta kepada mahasiswa untuk mempraktekkan bagaimana cara melakukan P3K di tempat kejadian.

    Tujuan dari seminar ini adalah agar mahasiswa tahu bagaimana cara memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan di tempat kejadian dengan cepat dan tepat, untuk mencegah terjadinya kesalahan saat memberi pertolongan jika terjadi kecelakaan, melatih dan membekali mahasiswa cara memberikan pertolongan pertama pada korban dan mengembangkan pengetahuan mahasiswa tentang P3K.

     

    by tim jurnalis & multimedia UT Jayapura

    @2019

    Bagikan :

    Artikel Lainya..
    Komentar

    Tambah Komentar (2)

    Batal

    Balas Komentar

    Komentar Berhasil diterbitkan
    Komentar tidak dapat diterbitkan Silakan coba lagi..!
    Alamat email yang anda masukkan salah..!
    Alamat web yang anda masukkan salah..!
    Kode Captcha yang anda masukkan salah...!
    Bidang tidak boleh ada yang kosong....!