• PENGUMUMAN

    UT Penyelenggara Konferensi AAOU ke-31

    Perhelatan akademik universitas terbuka se-Asia berlangsung di Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Tuan rumah Konferensi Tahunan Asian Association of Open Universities (AAOU) ke-31 adalah Universitas Terbuka (UT). AAOU adalah suatu organisasi beranggotakan kumpulan universitas yang mengusung sistem pendidikan jarak jauh di negara-negara Asia. Organisasi ini memiliki 62 anggota kelembagaan dari 23 negara. Rektor UT pernah menjabat menjadi Presiden AAOU pada tahun 2008 hingga 2010. Kini Presiden AAOU di jabat oleh Professor Melinda dela Peña Bandalaria, PhD., yang merupakan Chancellor of University of the Philippines Open University (UPOU). Setiap tahunnya, AAOU menyelenggarakan konferensi di berbagai negara anggotanya. Konferensi tahunan AAOU dihadiri oleh komunitas akademisi dan praktisi, administrator, pelajar, serta pengembang dan penyedia teknologi informasi dan komunikasi, khususnya yang fokus pada sistem pembelajaran terbuka dan jarak jauh.

    Di usia 33 ini, UT mendapat kesempatan untuk mengharumkan nama Indonesia dan lebih mengenalkan UT di kancah dunia dengan menjadi tuan rumah konferensi tingkat Asia ini. Acara yang dihadiri oleh delegasi 17 negara (Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Singapura, Philippines, Jepang, Korea, China, Hong Kong, India, Pakistan, Sri Lanka, Iran, Bangladesh, New Zealand) ini diselenggarakan di Royal Ambarukmo Hotel, Yogyakarta, Indonesia. 

    Pemukulan Gong oleh Intan Ahmad di pembukaan AAOU 2017

    Acara yang berlangsung mulai tanggal 27-29 September 2017 ini dibuka secara resmi oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang diwakili oleh Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Prof. Intan Ahmad, Ph.D. pada Rabu, 27 September 2017 di Ballroom Royal Ambarukmo hotel. Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Dirjen Belmawa didampingi Rektor UT, Presiden AAOU, dan ketua panitia Konferensi AAOU ke-31. Dalam sambutannya beliau menyampaikan, "Tanggung jawab kita adalah memastikan bahwa lulusan universitas, tentu saja termasuk universitas terbuka, mempunyai daya saing tinggi dan dapat diandalkan dalam menghadapi persaingan global".

    Tema utama konferensi ini adalah “Open University for Inclusive and Equitable Quality Education”. Tema ini dirasa tepat karena dengan pesatnya kemajuan teknologi untuk belajar, memang ada banyak kesempatan bagi institusi pendidikan terbuka dan jarak jauh untuk mengeksplorasi dan memperluas kemampuan pendidikan terbuka dan jarak jauh sebagai wahana pendidikan inklusif dan setara. Selama beberapa dekade, pendidikan terbuka dan jarak jauh telah terbukti sebagai sarana efektif dalam membangun kapasitas manusia di seluruh negara. Negara yang luas dengan keragaman budaya dan aksesibilitas terhadap pendidikan yang tinggi seperti Indonesia diuntungkan dengan penggunaan sistem pembelajaran jarak jauh dan terbuka ini.

    Sambutan di AAOU 2017

    Rektor UT Prof. Drs. Ojat Darojat M.Bus, Ph.D.,  dalam sambutannya menyampaikan, suatu kehormatan bagi UT untuk menyelenggarakan perhelatan besar yang bergengsi ini, yaitu Konferensi AAOU ke-31. UT telah sukses menyelenggarakan beberapa konferensi dunia bergengsi, seperti Konferensi Dunia ICDE ke-24 di tahun 2011 di Bali, KTT Presiden SCOP ICDE pada tahun 2014 di Bali, dan dua Konferensi Tahunan AAOU pada tahun 1990 dan 2005 di Jakarta. Rektor UT sangat yakin forum ini akan memberi pengalaman akademis yang mengesankan, memberikan banyak kesempatan untuk publikasi akademis, dan mengembangkan jaringan baru untuk penelitian kolaboratif. UT berharap konferensi ini juga dapat menjelaskan beberapa masalah filosofis dan praktis mengenai Open Distance Learning dan berbagi ilmu bagaimana Open Distance Learning diterapkan di berbagai latar belakang sosial dan pendidikan.

    Bagikan :

    Komentar

    Tambah Komentar (0)

    Batal

    Balas Komentar

    Komentar Berhasil diterbitkan
    Komentar tidak dapat diterbitkan Silakan coba lagi..!
    Alamat email yang anda masukkan salah..!
    Alamat web yang anda masukkan salah..!
    Kode Captcha yang anda masukkan salah...!
    Bidang tidak boleh ada yang kosong....!