Praktek Pengalaman Beracara Mahasiswa Ilmu Hukum

Berita

03 Desember 2021

Universitas Terbuka Jayapura mengadakan kegiatan Praktek Pengalaman Beracara bagi mahasiswa semester 6 Program Studi ilmu Hukum. Sebanyak 20 mahasiswa dari Pokjar Nabire dan Wamena yang bertempat di Pengadilan Tinggi Negeri Kabupaten Nabire dan Kab. Jayawijaya (wamena), juga di hadiri oleh Bapak Kepala UPBJJ-UT Jayapura Drs. Mujadi, M.Pd dan PJB BBLBA Ibu Milcha Handayani Tammubua, S.E., M.M.


Dengan di adakan kegiatan ini diharapkan mampu mengaplikasikan teori kedalam kenyataan, beberapa aspek kompetensi diperoleh melalui materi dalam bentuk mata kuliah berpraktek maupun praktik kemahiran hukum seperti matakuliah Hukum Acara Perdata, Hukum Acara Pidana, dan Arbitrase. Praktik Pengalaman Beracara merupakan kegiatan pembelajaran dengan pengalaman  bagi mahasiswa untuk menerapkan berbagai pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam pembelajaran secara utuh dan terintegrasi dalam situasi nyata. Praktik Pengalaman Lapangan pada Program Studi S-1 Ilmu Hukum FISIP-UT disebut sebagai matakuliah Praktik Pengalaman Beracara (PPB). Matakuliah ini berbobot 4 (empat) SKS.


Setiap mahasiswa Program Studi S-1 Ilmu Hukum FISIP-UT diwajibkan melaksanakan PPB pada pengadilan negeri/peradilan agama/peradilan Tata Usaha Negara/Badan Arbitrase Nasional Indonesia setempat. PPB dilakukan mahasiswa dengan cara mengobservasi proses peradilan untuk masing masing 2 (dua) kasus, yaitu kasus pidana dan perdata, dan membuat berkas-berkas beracara kasus pidana dan kasus perdata tersebut secara simulatif.


Pada kesempatan ini mahasiswa yang berada di pokjar wamena mengobservasi sidang perdata kasus hak wali anak dan sidang perkara pidana kasus penjualan barang terlarang sedangkan mahasiswa pokjar nabire mengobservasi sidang perdata kasus perceraian dan sidang perdata kasus kepemilikan /sengketa lahan. Praktek Pengalaman Beracara tersebut di damping oleh 1 tutor dan 2 orang pembimbing yang berlangsung 8x pertemuan. Red-Endang


Beberapa sumber terkait PPB (http://repository.ut.ac.id/4134/2/HKUM4410-TM.pdf)