Rapat Kerja Daerah UT Jayapura tahun 2021

Berita

21 November 2021

Sebanyak 18 Pengurus Kelompok Belajar (Pokjar) di lingkungan Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Jayapura mengikuti Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Pengurus Pokjar Tahun 2021, di Hotel Front One Budget Waena, Jumat-Sabtu (20-21 November 2021).


Kegiatan ini digelar untuk mengevaluasi kinerja Pengurus Pokjar Tahun 2021, dengan mengusung tema "Peningkatan Pelayanan Mahasiswa melalui Registrasi dan Ujian dengan Sistem 3S (Senyum, Salam, Sapa)"


Direktur UPBJJ-UT Jayapura, Drs. Mujadi, M.Pd mengatakan, dengan pelayanan 3S (salam, senyum dan sapa), pengurus pokjar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa di daerah serta tugas pokjar membangunkan mahasiswa yang tidur dalam artian non aktif, mahasiswa kita banyak yang registrasi akan tetapi tidak lolos validasi untuk itu pokjar lebih teliti lagi terkait berkas pendaftaran calon mahaiswa baru dengan dilaksanakan Rakerda tersebut akan didapat solusi serta strategi yang dibutuhkan untuk meningkatkan pelayanan akademik di lingkungan UT Jayapura.



Pada hari pertama penyamaan persepsi terkait registrasi dan ujian yang dibawakan oleh PJB Registrasi dan Ujian Bapak Sugiyono, S.IP bersama TIM mendapat antusias dari peserta rekarda. Hampir seluruh peserta memberikan pertanyaan terkait registrasi dan ujian, tutorial bahkan solusi untuk mahasiswa program pascasarjana yang mengalami kesulitan biaya serta ingin melanjutkan kembali kuliahnya. Seluruh pertanyaan dijawab oleh PJB Registrasi dan ujian bersama Tim, PJB BBLBA dan PJ Pascasarjana.


Kemudian di hari ke-2 para pengurus pokjar berdiskusi terkait layanan-layanan UT yang dibagikan dalam 2 kelompok. Setelah berdiskusi, masing-masing kelompok presentasi hasilnya dan mendapat tanggapan dari Kepala UT Jayapura.


Selain itu dalam kegiatan rakerda, UT Jayapura memberikan UT Jayapura Award Tahun 2021 guna menstimulus kinerja Pokjar di daerah. UT Jayapura Award tersebut diberikan setiap tahun dengan beberapa kriteria dan penilaian antara lain :


Pokjar dengan Jumlah Mahasiswa Baru Terbanyak  masa Registrasi 2021.1  diraih oleh  Pokjar Merauke, Pokjar dengan Jumlah Mahasiswa Baru  Terbanyak  masa Registrasi 2021.2  diraih oleh Pokjar Nabire,    Pokjar dengan Jumlah Tutorial ATPEM Terbanyak masa Registrasi 2021.1 diraih oleh  Pokjar Merauke, Pokjar dengan Jumlah Tutorial ATPEM Terbanyak masa Registrasi 2021.2 diraih oleh Pokjar  Merauke serta Pokjar dengan pengelolaan  Pokjar Terbaik tahun 2021 diraih oleh Pokjar Biak Numfor.


Selain 5 kategori tersebut Kepala UT Jayapura memberikan Piala Bergilir, pada tahun ini Pokjar yang beruntung mendapatkanya adalah Pokjar Biak Numfor, pemilihan Piala Bergilir tersebut memiliki indek penilaian dan memenuhi kriteria khusus. Endang Y-red