Upacara Penyerahan Ijasah Virtual

Berita

13 November 2021

Universitas Terbuka Jayapura menyelenggarakan Wisuda Periode I Tahun Akademik 2021 secara Virtual, pada hari kamis tanggal 11 November 2021  di mulai pada pukul 09.00 Selesai WIT, dengan mengusung tema "Penerapan Experience The Cyber University Pada Universitas Terbuka Dalam Tata Kelola Layanan Publik Untuk Menghasilkan Generasi Cerdas, Unggul, Mandiri dan Berkarakter Bangsa" Acara wisuda ini dibuka secara resmi oleh Direktur Universitas Terbuka Jayapura, Bapak Drs. Mujadi, M.Pd., dan disiarkan secara langsung melalui platform Zoom  dan Youtube UT TV serta Tribun Papua.


Dalam sambutan Direktur UPBJJ-UT Jayapura  menyampaikan acara Para lulusan harus meningkatkan SDM dengan mengedepankan nilai-nilai akademis dan dapat berubah, bahwa hari ini lebih baik daeri kemarin. Status kesarjanaan bukanlah status yang bisa di buat sombong atau angkuh tapi kita di bebani lebih berat lagi karya-karya anda di tagih, rasa pun harus lebih baik lagi dan citra di masyarkat harus diwujudkan.


Dalam acara wisuda kali ini, Universitas Terbuka Jayapura meluluskan 339 mahasiswa dari berbagai program studi dalam jenjang pendidikan Pascasarjana, Sarjana dan Diploma. Para lulusan tersebut terdiri dari  24 lulusan Pascasarjana, 27 lulusan Fakultas Ekonomi, 128 lulusan Fakultas Hukum Ilmu Soisal dan Ilmu Politik, 3 lulusan Fakultas Sains dan Teknologi dan 162 lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan di ikuti oleh Kelompok belajar (Pokjar) Jayapura, Timika, Merauke, Nabire, Wamena, Biak, Serui, Yahukimo dan Tembagapura.


Tanpa mengurangi makna dari prosesi wisuda, kegiatan kali ini juga menghadirkan perwakilan wisudawan yang berdomisili di Kota Jayapura. Adapun lulusan terbaik dalam wisuda kali ini diraih oleh Fredy Simandalahi dengan IPK 3.85 Prodi Ilmu Hukum Pokjar Serui.  


Penyelenggaraan wisuda kali ini juga semakin spesial karena di Hadiri oleh Bapak Wakil Walikota Jayapura, Bapak Ir. H. Rustan Saru, M.M dalam sambutannya  Bapak Wakil Walikota Bahwa lulusan UT di tuntut lebih mandiri, bahkan apabila memungkinkan memberi nilai tambah terhadap dinamika kehidupan sosial disekitarnya.


Selain itu, sambutan Rektor Universitas Terbuka dalam hal ini di wakilkan oleh Dekan FHISIP Bapak Dr. Sofjan Arifin, M.Si dalam sambutanya Dengan Tema yang telah di usung bahwa pendidik dan pembelajaran kekinian mendorong perbaikan mutu di masa yang akan datang dengan menekankan pada output pembelajaran berupa keterampilan pada abad ke-21 yaitu berpikir kritis, mampu memecahkan masalah  metakognisi, komunikatif, kolaboratif, inovatif, kreatif dan cakap literasi informasi Dekan FHISIP juga turut memberikan ucapan selamatnya kepada wisudawan Universitas Terbuka Jayapura.


Dalam kesempatan yang sama, pada wisuda virtual yang berada di Pokjar juga dihadiri Pejabat di daerah yaitu pada pokjar Wamena yang dihadiri oleh Bupati Jayawijaya yang diwakili oleh staff Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Kapolres Jayawijaya, Dandim 1702, Dandim 1702/JWY sedangkan Pokjar Serui dihadiri oleh Kepala BAPPEDA Kab. Yapen Waropen. (Endang Y)