Workshop Tugas (WT) dan Klinik Ujian (KU) UT Jayapura

Berita

16 November 2021

Workshop Tugas atau WT (Assignment Workshop) dan Klinik Ujian atau KU (Examination Clinic)

Salah satu upaya UT dalam memberikan layanan guna mendukung kesuksesan dalam menempuh perkuliahan di Universitas Terbuka yaitu melalui kegiatan Workshop Tugas atau WT (Assignment Workshop) dan Klinik Ujian atau KU (Examination Clinic), yang di ikuti oleh 199 mahasiswa baru UT Jayapura.

Workshop Tugas atau WT dapat diikuti oleh mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan berbagai tugas akademik seperti tugas tutorial, TMK, praktik/praktikum, TAP dan tugas pembelajaran lainnya. Sementara, Klinik Ujian atau KU dapat diikuti oleh mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam menghadapi dan mengerjakan ujian (memiliki nilai mata kuliah kurang baik).

UT Jayapura telah menyelenggarakan kegiatan secara luring pada tanggal 13 November 2021, dibeberapa pokjar wilayah jangkauan UT Jayapura  antara lain pokjar Biak yang bertempat di Hotel Mapia, Jalan Jenderal Ahmad Yani Biak. Pokjar Nabire di Hotel JDF Jl. Semarang Nabire, Pokjar Timika di Aula SMP YPJ Kuala Kencana dan Pokjar Merauke di  Hotel Halogen Klp. Lima, Kec. Merauke, Kabupaten Merauke. Sementara untuk Kota Jayapura dan Pokjar Boven Digul penyelenggaraan WTKU pada tanggal 27 November 2021.

Penyelenggaraan kegiatan Workshop Tugas (WT) meliputi beberapa materi, yaitu Etika Akademik dan Plagiarisme, Persiapan dan Pengerjaan Tugas Pembelajaran, serta Tugas Unjuk Kerja/Berpraktik, Praktik, Praktikum dan Membuat Karya Ilmiah.

Penyelenggaraan kegiatan Klinik Ujian (KU) meliputi beberapa materi, yaitu Asessment dalam Pembelajaran dan Memahami Kecemasan dalam Ujian, Bentuk-bentuk Ujian dan Strategi Menghadapi Ujian dan Tata Tertib Ujian.

Bentuk kegiatan yaitu luring dengan durasi waktu 1 hari. Pada pelaksanaanya, pemateri memperoleh respon yang cukup baik dari para mahasiswa. Secara general pertanyaan yang diberikan bersifat pengalaman dari mahasiswa, seperti batas waktu pengunggahan BJT, pemberian nilai mata kuliah pada layanan TUTON yang tidak serempak, nilai TMK tidak dilihat oleh mahasiswa, soal di laman TMK yang tidak dapat diunduh, persyaratan dalam memilih layanan TMK jika telah mengikuti layanan TUWEB atau TUTON. Sehingga dapat memperoleh solusi dari diskusi dengan pemateri. Kegiatan Workshop Tugas (WT) dan Klinik Ujian (KU) akan dilakukan secara rutin pada setiap semester sebagai bentuk bimbingan akademik kepada mahasiswa. Hal ini diharapkan mampu menguatkan ketangguhan belajar mahasiswa UT Jayapura untuk dapat mengerjakan tugas pembelajaran dan ujian dengan baik, sehingga mengantarkan mahasiswa pada kesuksesan dalam studi. (Endang Y)